Hadiri Rakernas PHRI, Bupati Solok Minta Arahan Terkait Dermaga Singkarak

    Hadiri Rakernas PHRI, Bupati Solok Minta Arahan Terkait Dermaga Singkarak

    PADANG -   Dengan diselanggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ke II di Sumatera Barat, Bupati Solok H.Epyardi Asda, M.Mar, berharap kedepannya laju dan gerak sektor pariwisata di Sumbar semakin lebih baik. 

    Hadir dalam kegiatan yang digelar di Pangeran Beach Hotel, Padang, pada Rabu 9 Februari 2022 itu, Ketua Umum PHRI Dr.Ir.Hariyadi BS, Sukamdani, MM, Wakil Gubernur Sumbar Ir.Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN.Eng, dan para undangan peserta Rakernas lainnya. Sarta terhubung langsung secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menko Bidang Ekonomi RI Airlangga Hartato, Menko Bidang Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Direktur Utama Aviata Donny Oskaria.

    Bupati Solok Epyardi yang sebelumnya mendapatkan penghargaan dari Asita sangat mendukung pengembangan sektor pariwisata di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Solok.

    Terkait dengan langkah pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Solok khususnya di Dermaga Singkarak, Bupati dalam kesempatan tersebut meminta petunjuk serta arahan lebih lanjut kepada kementerian terkait.

    Epyardi Asda meminta dukungan dan arahan kepada Direktur Aviata, perihal tempat wisata di Danau Singkarak yang sebelumnya telah dibangun untuk pengembangan sektor pariwisata oleh investor,   akan dikembalikan seperti semula sesuai arahan Gubernur melalui Kementerian ATR.

    Menanggapi hal itu, Direktur Utama Aviata Donny Oskaria menyatakan bahwa kunci pengembangan sektor pariwisata adalah pengaturan dan pengendalian tata ruang.

    “Saya akan pelajari apa yang Bupati Solok sampaikan terkait dengan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Solok. Selaku holding Aviasi pariwisata di Indonesia, Aviata akan siap membantu apa yang bisa dibantu nantinya, sehingga industri pariwisata di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Solok akan maju dan berkembang, ” ujar Donny.

    Sebeluumnya Wagub Sumbar Audy Joinaldy dalam sambutannya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih atas terlaksananya Rakernas PHRI II tahun 2022 di daerah itu.

    Disebutkan Wagub, Pemprov Sumbar terus melakukan pembaruan pembaruan di sektor pariwisata dengan harapan menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu tujuan wisata yang terkenal dan berkelas.

    “Pemrov Sumbar bersama Pemkab dan Pemkot yang ada, akan berkolaborasi dengan Bank Indonesia secara resmi dengan mencanangkan Visit Beautiful West Sumatera 2023 dengan tema ‘Basamo Kita Sukseskan Tahun Kunjungan Wisata Sumbar 2023’, ” cetusnya.

    Selanjutnya, Keynote Speech Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa tahun ini sudah dicanangkan sebagai tahun bangkitnya ekonomi dan pulihnya pariwisata.

    “Tentunya hal ini akan membuka peluang lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya. Pemerintah akan mendorong digitalisasi pariwisata dan ekonomi kreatif, agar peluang ekonomi bagi masyarakat terbuka luas, dan sektor pariwisata bisa menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat. Kita juga akan tingkatkan dan berdayakan UMKM, Desa Wisata yang akan dikembangkan dengan konsep desa kreatif, ” terangnya.  (Amel)

    Padang Solok Sumbar
    JIS Sumbar

    JIS Sumbar

    Artikel Sebelumnya

    Aturan Wajib Vaksin Siswa SD di Padang,...

    Artikel Berikutnya

    UNP Kini Resmi jadi Kampus Bersih Narkoba

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Gelombang PHK Melanda Industri Teknologi dan Hiburan: Sony, eBay, Google, dan Lainnya Pangkas Ribuan Posisi
    Perkokoh Kemanunggalan, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Rutin Komsos Bersama Warga Binaan
    Ketua PT Padang Dr. Ridwan Ramli, SH., MH Resmikan Lapangan Bulutangkis PN Batusangkar 
    Satgas Yonif 115/ML Bantu Pembangunan Gedung Kantor Gereja Imanuel Yalinggua